Tutorial Instal Ulang Linux Mint Mudah





 Tutorial Instal Linux Mint

Hasil gambar untuk linux mint logo
                                                       
                                 


                                  
Kali ini saya akan sharing tentang Cara Instal Ulang Linux Mint 17.2 Rafaela. Yuk simak langsung caranya di bawah ini.
Bahan-bahan :

  1. File ISO linux mint, anda bisa download langsung di website resmi linux mint Klik Disini.
  2. PC / Laptop yang akan di instal ulang.
Caranya seperti dibawah ini :

Pertama klik enter pada menu "Start Linux Mint" seperti gambar di bawah.


Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut pada gambar di bawah ini.


Kemudian silahkan anda atur partisi linux mint dengan cara klik pada menu linux mint yang berada pada pojok kiri bawah, lalu ketikkan "gparted" pada menu search. Fungsi Gparted disini adalah untuk membagi atau mengatur partisi hardisk anda.


Disini saya mempunyai hardisk sebanyak 20 GB.


Selanjutnya anda buat partisi primary dengan file system ext4 dengan cara klik kanan pada unallocated partition, lalu pilih create new partition seperti gambar di bawah ini.


Jangan lupa sisakan hardisk anda untuk membuat partisi linux-swap yang akan digunakan untuk kerja RAM nantinya. Misalkan laptop atau komputer anda mempunyai RAM sebesar 1 GB maka partisi linux-swap ukurannya harus 2x RAM tersebut. Artinya anda harus membuat partisi linux-swap sebesar 2 GB untuk kerja RAM komputer atau laptop anda. Nah disini RAM laptop saya mempunyai ukuran 2 GB RAM, artinya saya harus membuat partisi linux-swap menjadi 2x lipatnya ukuran RAM yang saya miliki. Jadi saya harus menyisakan 4 GB untuk partisi linux-swap.

Jika sudah silahkan anda save konfigurasi partisi dengan cara klik tombol anak panah yang berada tepat di bawah text "Help" anak panah mengarah ke kiri. Lalu klik apply.

Tunggu prosesnya selesai, lalu close semua pada menu kerja gparted.


Setelah itu pada tampilan desktop linux mint, akan ada tampilan DVD yang berdiskripsikan "Install Linux Mint". Klik 2x pada DVD tersebut untuk melanjutkan instalisasi linux mintnya.


Pilih bahasa yang akan anda gunakan, disini saya memilih bahasa defaultnya yaitu bahasa Inggris / English lalu pilih "Continue".


Pada langkah ini silahkan anda skip saja langsung pilih "continue" untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

Kemudian pada "Installation type" silahkan anda pilih "Something Else" lalu klik continue.

an type file ext4 dengan cara klik 2x pada "/dev/sda1" atau hardisk yang telah anda buat tadi untuk file system linuxnya.


Lalu akan muncul seperti pada gambar dibawah ini, silahkan anda samakan konfigurasinya sesuai pada gambar di bawah ini.

Catatan : Size adalah jumlah hardisk yang digunakan untuk system linux yang akan anda install.


Jika sudah maka akan muncul tampilan berikut ini. kemudian silahkan anda klik "Install Now" dan jangan lupa pilih hardisk "/dev/sda1".


Pada peringatan seperti gambar dibawah pilih saja "Continue" untuk melanjutkan instalisasi linux mintnya


Kemudian settinglah "Time Zone" atau "Zona Waktu" daerah anda dengan cara klik saja daerah kota anda pada peta grafiknya. Kalau tempat saya zona waktunya WIB, jadi saya pilih region Jakarta. Setelah setting zona waktunya silahkan klik "Continue".


Pada pengaturan "Keyboard layout" pilih default saja. Dan langsung klik "Continue" untuk melanjutkan proses instalisasinya.

Lalu anda perlu mengisi data diri komputer anda xixixi, sebut saja dengan identitas komputer anda. Silahkan anda isikan dengan benar. Nah ada satu catatan nih, pada sistem operasi linux kita di wajibkan untuk mengisi password dari "root" atau bisa disebut dengan "Superuser" dengan tujuan agar sistem operasi linux yang kita miliki menjadi aman terhadap aktifitas virus-virus komputer atau pembobolan data-data. ^_^ Jika sudah klik "Continue".

Tunggu proses instalisasinya paling tidak 25 - 30 menit. Rumayan lama yahh .... :v


Jika proses instalisasinya sudah selesai, maka akan muncul kotak dialog seperti pada gambar dibawah ini. Klik saja "Restart Now" dan tunggu. maka linux mint sudah siap untuk anda gunakan. :) oh ya jangan sampai lupa ya password komputer yang telah anda buat tadi xixixi.


Demikianlah postingan saya tentang Cara Instal Ulang Linux Mint 17.2 Rafaela. Semoga dapat membantu anda bagi pemula yang ingin belajar menggunakan sistem operasi linux maupun bagi anda yang sudah mahir menggunakan sistem operasi linux. Jika ada yang ingin di tanyakan silahkan anda bisa bertannya di kolom komentar selagi saya bisa menjawabnya. 



Dilarang keras Beriklan Dan menyisipkan link aktif di komentar Berkomentar dengan sopan Kalau tidak jelas bisa mengikuti di Google+ Kami


EmoticonEmoticon