Aplikasi Berbasis AR(Augmented Reality)

 APLIKASI BERBASIS AR (Augmented Reality)

Kudus-Hai teman teman kita berjumapa lagi dalam post ini.Post iniakan membahas beberapa contoh aplikasi berbasis AR(Augmented Reality).Apa itu AR? Di postingan sebelumnya kami telah membahas AR(Augmented Reality).

 

1. Snapchat



Snapchat sudah lama terkenal karena fitur pesan yang bersifat self-destructing, tapi fitur Lenses nya memanfaatkan kamera smartphone dan teknologi AR sehingga kita bisa menambahkan stiker 3D di wajah kita secara real-time. Filter ini akan secara otomatis mendeteksi karakteristik wajah, mengubah muka kita menjadi zombie, rubah flirting, atau muntah pelangi. Cara mengaktifkan filter Snapchat: tekan dan tahan di wajah waktu selfie.
Yang paling ngehits kayaknya filter anjing sama hantu ya. Kalau ogah buka Snapchat dulu, ada alternatifnya, namanya Mybrana.
Download gratis Snapchat APK Android // iOS 

2. Ingress


Ingress adalah game AR yang didesain untuk bisa dimainkan ribuan orang dalam satu kali kesempatan. Board pada game ini adalah ‘dunia’ pada game (mirip-mirip AR Risk). Kita bisa pilih kubu: The Enlightened yang ingin eksplor jenis energi baru, atau The Resistance yang ingin melindungi umat manusia dan alam yang tersisa.
Pemain bisa mengeksplor dan nge-tap sumber daya misterius yang berupa neon blobs ter-overlay di atas gambar yang diambil kamera smartphone. Bisa juga berinteraksi dengan pemain lain dan menguasai teritori seperti landmark terkenal. Recommended buat semua, terutama yang berambisi menguasai dunia.
Download gratis Ingress APK Android // iOS

3. Wikitude


App Wikitude recommended banget yang suka (atau setidaknya, pernah) baca Wikipedia. Wikitude akan memberi kita banyak informasi relevan mengenai apa yang ada di depan kita, sepanjang perjalanan. Jadi, kamera akan memindai landscape atau objek di depan kita kemudian fakta menarik & tersembunyi serta konten menarik muncul.
Contohnya, saya pegang smartphone di sebuah kota asing. Saya bisa mengetahui nama-nama gedung dan bangunan. Ketika scan majalah, bisa ‘menyembulkan’ video yang relevan dengan artikel majalah tadi. Bisa juga liat model 3D. Tombol buy now juga bisa dibikin ‘muncul’ dari smartphone sehingga belanja berasa futuristik
Download gratis Wikitude APK Android // iOS

4. Kick Ball (ARSoccer)


Lagi gandrung nonton Euro 2016 dan ketagihan nonton bola, bahkan praktek main bola. Tapi ogah pergi dari ruang TV, ada game AR yang memberi kita bola virtual yang bisa ditendang. Cukup arahkan kamera smartphone ke arah kaki sehingga bisa muncul tuh bola virtual di layar yang bisa ditendang-tendang. Bisa deh perform tricks atau ‘latihan’ di ruang TV tanpa khawatir ngerusak perabot.
Download gratis Kick Ball (ARSoccer) APK Android // iOS

5. Star Walk 2 Constellations


Kini kita bisa stargazing dengan bantuan app AR bernama Star Walk 2. Kalau kita mengarahkan kamera smartphone ke langit, app ini bisa memberi tahu apa yang sedang kita lihat: entah itu bintang, planet, komet, meteor, atau nebula! Bisa juga langsung mencari lewat lokasi tertentu. Tidak butuh koneksi internet, jadi bermanfaat banget waktu camping bermalam di alam terbuka nih.
Download gratis Star Walk 2 APK Android // iOS

6. Quiver


Rehat sebentar dari app adult coloring books yang ngehits… App Quiver bisa membuat gambar menjadi hidup! Cukup pilih gambar di situs/app Quiver, download, kemudian print. Setelah itu, warnai dengan apa saja deh sesuai selera. Nah, kalau sudah, kalian bisa melihat hasil karya kalian bergerak, dengan hover kamera smartphone ke gambar. Kita bisa bermain-main dengan karakter animasi dengan cara menyentuh layar dan bahkan melihatnya langsung di 3D menggunakan headset VR Cardboard.
Download gratis Quiver APK Android // iOS

7. Ikea


Kepikiran buat beli sofa empuk atau meja makan baru, tapi takut kalo ukurannya gak pas dengan ruangan di rumah? Pake aja app Ikea Catalogue yang sudah ada teknologi AR nya, jadi bakal menampilkan tampilan furnitur yang dipilih, bagaimana fitting nya di rumah kita. Kita bisa menyesuaikan pewarnaan dan penempatan furnitur. App juga bisa memindai katalog dengan kamera smartphone untuk unlock film dan room set 360ยบ.
Download gratis Ikea APK Android // iOS

8. SpecTrek


Dengan game AR ini, kita bisa berburu hantu ๐Ÿ˜€ Konsep kerjanya sama dengan AR pada umumnya. Game ini berbasis waktu, artinya dalam waktu tertentu hantu virtual akan muncul pada peta. Waktu berburu bisa mulai 15 menit sampai 8 jam. Bisa sekalian fitness juga nih karena jalan-jalan. Bakal seru untuk anak-anak.
Download gratis SpecTrek APK Android

9. Google Translate


Sudah pernah dibahas nih sebagai salah satu app paling berguna ketika traveling. Kalau Reviuxers #mikirkeras membaca petunjuk jalan atau menu saat berlibur ke luar negeri, gunakan Google Translate > fitur Lens. Google Translate memanfaatkan augmented reality untuk menerjemahkan teks. Cukup tahan kamera smartphone diarahkan ke tulisan yang ingin diterjemahkan, dan tampilan akan menerjemahkannya ke Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, atau 27 bahasa lainnya. Tidak perlu koneksi internet pula.
Download gratis Google Translate APK Android // iOS

10. Toy Car RC


Dengan app Toy Car RC, pengguna (anak-anak hingga dewasa) bisa mengendarai mobil virtual di sekitar lintasan imajinatif yang ‘timbul’ di atas sekitar kita. Cukup letakkan marker kertas di tempat yang diinginkan untuk mengubahnya menjadi sirkuit.
Contohnya, kita bisa mengendarai sepanjang tempat tidur ngumpulin kepingan emas di Wild West; Mengelak pot dan panci di dapur sambil ngumpulin permen di dunia permen. Didesain untuk anak-anak berusia 6 tahun keatas, ada beberapa opsi setir dan imajinasi semakin mantap dengan garis finis ciptaan sendiri.
Download gratis Toy Car RC APK Android // iOS

11. Pokemon Go

 

Dibuat oleh developer yang sama dengan Ingress, game Pokemon terbaru dan resmi untuk Android dan iOS ini tidak bisa dipungkiri lagi booming banget. Bagi yang malas jadi Pokemon Trainer sungguhan (berkelana sungguhan, jalan-jalan, traveling dll) atau sekedar pelit mengeluarkan uang dan waktu.

Dilarang keras Beriklan Dan menyisipkan link aktif di komentar Berkomentar dengan sopan Kalau tidak jelas bisa mengikuti di Google+ Kami


EmoticonEmoticon